1.
Pengertian
Adzan dan iqomah
a. Secara bahasa adzan berarti pemberitahuan atau
seruan. Sebagaimana Allah berfirman dalam surat At Taubah Ayat 3:
وَأَذَانٌ مِنَ اللَّهِ
وَرَسُولِهِ إِلَى النَّاسِ
Artinya:
“dan ini adalah seruan dari Allah dan Rasul-Nya kepada umat manusia”
Adapun
makna adzan secara istilah adalah seruan yang menandai masuknya waktu shalat
lima waktu dan dilafazhkan dengan lafazh-lafazh tertentu.
b.
Iqamah
secara istilah maknanya adalah pemberitahuan atau seruan bahwa sholat akan
segera didirikan dengan menyebut lafazh-lafazh khusus.
2. Sejarah adzan dan iqomah Tata cara
pelaksanaannya
Adzan
mulai disyariatkan pada tahun kedua Hijriah. Mulanya, pada suatu hari Nabi SAW
mengumpulkan para sahabat untukmemusyawarahkan bagaimana cara memberitahu
masuknya waktu salat dan mengajak orang ramai agar berkumpul ke masjid untuk
melakukan salat berjamaah.
Di dalam musyawarah itu ada
beberapa usulan. Ada yang mengusulkan supaya dikibarkan bendera sebagai tanda
waktu salat telah masuk. Apabila benderanya telah berkibar, hendaklah orang
yang melihatnya memberitahu kepada umum. Ada juga yang mengusulkan supaya
ditiup terompet seperti yang biasa dilakukan oleh pemeluk agama Yahudi. Ada
lagi yang mengusulkan supaya dibunyikan lonceng seperti yang biasa dilakukan
oleh orang Nasrani. Usul lainnya adalah nyala api di atas bukit. Yang melihat
api itu dinyalakan hendaklah datang menghadiri salat berjamaah. Semua usulan
yang diajukan itu ditolak oleh Nabi SAW, tetapi beliau menukar lafal itu dengan
assalatu jami’ah (marilah salat berjamaah).
Pada suatu malam, Abdullah bin Zaid (beliau
adalah seorang hamba Allah yang berasal dari bani Khazraj, beliau mengikuti
baiah aqabah ke-2) bermimpi. Dalam mimpinya, beliau melihat ada seseorang yang
sedang membawa lonceng dengan tangannya mengelilingiku.
Akupun berkata : "Wahai hamba Allah,
apakah engkau maun menjual lonceng itu?"Dia berkata:"untuk apa anda
menanyakan terompet ini?" Zaid berkata: "akan kami gunakan untuk
panggilan shalat". Dia berkata : "Apakah kau mau kuberitahu yang
lebih baik dari itu?" Maka kukatakan : "Tentu." Dia berkata : "Kau ucapkan saja kata-kata
berikut ini:
Allahu Akbar - Allahu Akbar (2x)
Asyhadu alla ilaha illallah
(2)
Asyhadu anna Muhammadar
Rasulullah (2x)
Hayya 'alash sholah (2
kali)
Hayya 'alal falah (2
kali)
Allahu Akbar - Allahu Akbar
(1x)
La ilaha illallah (1x).
Kalimat tersebut kini kita kenal dengan Adzan.
Asal Muasal Iqamah
Setelah lelaki yang membawa lonceng itu melafalkan adzan, dia diam sejenak, lalu berkata: "Kau katakan jika shalat akan segera didirikan:
Asal Muasal Iqamah
Setelah lelaki yang membawa lonceng itu melafalkan adzan, dia diam sejenak, lalu berkata: "Kau katakan jika shalat akan segera didirikan:
Allahu Akbar, Allahu Akbar
Asyhadu alla ilaha illallah
Asyhadu anna Muhammadar Rasulullah
Hayya 'alash sholah
Hayya 'alal falah
Qod qomatish sholah (2 kali), artinya:
"Shalat akan didirikan"
Allahu Akbar, Allahu Akbar
La ilaha illallah
Begitu waktu subuh tiba, Zaid mendatangi
Rasulullah SAW kemudian dia memberitahu beliau apa yang dimimpikan. Beliaupun
bersabda: "Sesungguhnya itu adalah mimpi yang benar, insya Allah.
PanggillahBilal bin Rabah dan ajarkanlah kepadanya apa yang kau mimpikan agar
dia yang mengumandangkannya, karena sesungguhnya suaranya lebih lantang dan
merdu darimu."
Abdullah bin Zaid pun menemui Bilal, lalu dia
menajarkan adzan kepadanya.
Suara adzan yang dikumandangkan oleh Bilal pun terdengar olehUmar bin al-Khaththab ketika dia berada di rumahnya. Kemudian dia keluar dengan selendangnya yang menjuntai. Umar berkata: "Demi Dzat yang telah mengutusmu dengan benar, sungguh aku telah memimpikan apa yang dimimpikannya." Kemudian Rasulullah SAW bersabda: "Maka bagi Allah-lah segala puji."
Suara adzan yang dikumandangkan oleh Bilal pun terdengar olehUmar bin al-Khaththab ketika dia berada di rumahnya. Kemudian dia keluar dengan selendangnya yang menjuntai. Umar berkata: "Demi Dzat yang telah mengutusmu dengan benar, sungguh aku telah memimpikan apa yang dimimpikannya." Kemudian Rasulullah SAW bersabda: "Maka bagi Allah-lah segala puji."
Adzan dan Iqomah merupakan di antara amalan
yang utama di dalam Islam. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda : “Imam
sebagai penjamin dan muadzin (orang yang adzan) sebagai yang diberi amanah,
maka Allah memberi petunjuk kepada para imam dan memberi ampunan untuk para
muadzin”
3. Hukum Adzan dan iqomah
a. Ulama berselisih pendapat tentang hukum Adzan.
Sebagian ulama mengatakan bahwa hukum azan adalah sunnah muakkad, namun
pendapat yang lebih kuat dalam masalah ini adalah pendapat yang mengatakan Adzan
hukumnya fardhu kifayah bagi laki-laki ketika sudah masuk waktu sholat lima
waktu, termasuk di dalamnya sholat jum’at. Dalilnya adalah hadist Malik bin al-
Huwairisi bahwasanya Rosulullah sholahu ‘alaihi wa as- salam bersabda :
فإذا حضرت الصلاة فليؤذن لكم أحدكم ثم ليؤمكم أكبركم
"Jika waktu sholat telah tiba, hendaklah salah seorang
diantara kalian mengumandangkan adzan untuk kalian dan hendaklah orang yang
paling tua diantara kalian yang menjadi imam.(HR Bukhari dan Muslim )
b. Hukum iqamah sama dengan hukum adzan, yaitu
fardu kifayah. Dan hukum ini juga tidak berlaku untuk wanita.
4. Syarat Adzan
1. Telah Masuk Waktu Shalat
Syarat sah adzan adalah telah masuknya waktu
shalat, sehingga adzan yang dilakukan sebelum waktu solat masuk maka tidak sah.
Akan tetapi terdapat pengecualian pada adzan subuh. Adzan subuh diperbolehkan
untuk dilaksanakan dua kali, yaitu sebelum waktu subuh tiba dan ketika waktu
subuh tiba (terbitnya fajar shadiq). [6]
2. Berniat adzan
Hendaknya seseorang yang akan adzan berniat di
dalam hatinya (tidak dengan lafazh tertentu) bahwa ia akan melakukan adzan
ikhlas untuk Allah semata.
3. Dikumandangkan dengan bahasa arab
Menurut sebagian ulama, tidak sah adzan jika
menggunakan bahasa selain bahasa arab. Di antara ulama yang berpendapat
demikian adalah ulama dari Madzhab Hanafiah, Hambali, dan Syafi’i.
4. Tidak ada lahn dalam pengucapan lafadz
adzan yang merubah makna
Maksudnya adalah hendaknya adzan terbebas dari kesalahan-kesalahan pengucapan yang hal tersebut bisa merubah makna adzan. Lafadz-lafadz adzan harus diucapkan dengan jelas dan benar.
Maksudnya adalah hendaknya adzan terbebas dari kesalahan-kesalahan pengucapan yang hal tersebut bisa merubah makna adzan. Lafadz-lafadz adzan harus diucapkan dengan jelas dan benar.
5. Lafadz-lafaznya diucapkan sesuai urutan
Hendaknya lafadz-lafadz adzan diucapkan sesuai
urutan sebagaimana dijelaskan dalam hadits-hadits yang sahih. Adapun bagaimana
urutannya akan dibahas di bawah.
6. Lafadz-lafadznya diucapkan bersambung
6. Lafadz-lafadznya diucapkan bersambung
Maksudnya adalah hendaknya antara lafazh adzan
yang satu dengan yang lain diucapkan secara bersambung tanpa dipisah oleh
sebuah perkataan atau pun perbuatan di luar adzan. Akan tetapi diperbolehkan
berkata atau berbuat sesuatu yang sifatnya ringan seperti bersin.
7. Adzan diperdengarkan kepada orang yang
tidak berada di tempat muadzinAdzan yang dikumandangkan oleh muadzin
haruslah terdengar oleh orang yang tidak berada di tempat sang muadzin
melakukan adzan. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara mengeraskan suara atau
dengan alat pengerasa suara.
5. Sifat Muadzin
1. Muslim
2. Ikhlas hanya mengharap wajah Allah
Sepatutnya seorang muadzin melakukan adzan dengan niat ikhlas mengaharap wajah Allah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda : “Tetapkanlah seorang muadzin yang tidak mengambil upah dari adzannya itu.”
3. Adil dan amanah
Yaitu hendaklah muadzin adil dan amanah dalam waktu-waktu shalat.
2. Ikhlas hanya mengharap wajah Allah
Sepatutnya seorang muadzin melakukan adzan dengan niat ikhlas mengaharap wajah Allah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda : “Tetapkanlah seorang muadzin yang tidak mengambil upah dari adzannya itu.”
3. Adil dan amanah
Yaitu hendaklah muadzin adil dan amanah dalam waktu-waktu shalat.
4. Memiliki suara yang bagus
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda kepada sahabat Abdullah bin Zaid: “pergilah dan ajarkanlah apa yang kamu lihat (dalam mimpi) kepada Bilal, sebab ia memiliki suara yang lebih bagus dari pada suaramu”
5. Mengetahui kapan waktu solat masuk
Hendaknya seorang muadzin mengetahui kapan waktu solat masuk sehingga ia bisa mengumandangkan adzan tepat pada awal waktu dan terhindar dari kesalahan.
6. Sifat Adzan
Terdapat tiga cara adzan, yaitu :
a. Adzan dengan 15 kalimat, yaitu dengan lafazh :
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda kepada sahabat Abdullah bin Zaid: “pergilah dan ajarkanlah apa yang kamu lihat (dalam mimpi) kepada Bilal, sebab ia memiliki suara yang lebih bagus dari pada suaramu”
5. Mengetahui kapan waktu solat masuk
Hendaknya seorang muadzin mengetahui kapan waktu solat masuk sehingga ia bisa mengumandangkan adzan tepat pada awal waktu dan terhindar dari kesalahan.
6. Sifat Adzan
Terdapat tiga cara adzan, yaitu :
a. Adzan dengan 15 kalimat, yaitu dengan lafazh :
4x
اَللهُ
اَكْبَرُاَشْهَدُ اَنْ لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهُ ×2
اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَّسُوْلُ اللهِ ×2
حَيَّ عَلَي الصَّلاَةِ ×2
حَيَّ عَلَي الْفَلاَحِ ×2
2x
اَللهُ
اَكْبَرُ
1x
لاَ
اِلَهَ اِلاَّ اللهُ
Adzan
seperti ini adalah cara yang dipilih oleh abu hanifah dan imam ahmad.
b. Adzan dengan 19 kalimat, yaitu sama seperti
adzan cara pertama akan tetapi ditambah dengan tarji’ (pengulangan) pada
syahadatain. Tarji’ adalah mengucapkan syahadatain dengan suara pelan, tetapi
masih terdengar oleh orang-orang yang hadir- kemudian mengulanginya kembali engan suara
keras. Jadi lafazah “asyhadu alla ilaaha illallaah”dan“asyhadu anna
muhammadarrasulullah”masing-masing diucapkan empat kali.
Adzan seperti ini adalah cara yang dipilih oleh
Imam Asy Syafi’i.
c.
Adzan dengan 17 kalimat, yaitu sama dengan cara adzan kedua akan tetapi takbir
pertama hanya diucapkan dua kali, bukan empat kali.
Adzan seperti
ini adalah cara yang dipilih oleh Imam Malik dan sebagian Ulama’ Madzhab
Hanafiah.
Akan tetapi menurut penulis Shahiq Fiqh Sunnah,
hadits yang menjelaskan kaifiyat ini adalah hadits yang tidak sahih. Sehingga
adzan dengan cara ini tidak disyariatkan.
Sifat Iqamah : Ada dua cara iqamah :
1. Dengan sebelas kalimat, yaitu :
2x اَللهُ اَكْبَرُ
1x اَشْهَدُ اَنْ لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهُ
1x اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَّسُوْلُ اللهِ
1x حَيَّ عَلَي الصَّلاَةِ
1xحَيَّ عَلَي الْفَلاَحِ
2xقَدْ قَامَتِ الصَّلاَةِ
2x اَللهُ اَكْبَرُ
1x لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ
2. Dengan tujuh belas kalimat, yaitu :
4xاَللهُ اَكْبَرُ
2x اَشْهَدُ اَنْ لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهُ
2x اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَّسُوْلُ اللهِ
2x حَيَّ عَلَي الصَّلاَةِ
2x حَيَّ عَلَي الْفَلاَحِ
2x قَدْ قَامَتِ الصَّلاَةِ
2x اَللهُ اَكْبَرُ
1x لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ
7. Hal-hal Yang Dianjurkan bagi Muadzin
1. Dengan sebelas kalimat, yaitu :
2x اَللهُ اَكْبَرُ
1x اَشْهَدُ اَنْ لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهُ
1x اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَّسُوْلُ اللهِ
1x حَيَّ عَلَي الصَّلاَةِ
1xحَيَّ عَلَي الْفَلاَحِ
2xقَدْ قَامَتِ الصَّلاَةِ
2x اَللهُ اَكْبَرُ
1x لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ
2. Dengan tujuh belas kalimat, yaitu :
4xاَللهُ اَكْبَرُ
2x اَشْهَدُ اَنْ لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهُ
2x اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَّسُوْلُ اللهِ
2x حَيَّ عَلَي الصَّلاَةِ
2x حَيَّ عَلَي الْفَلاَحِ
2x قَدْ قَامَتِ الصَّلاَةِ
2x اَللهُ اَكْبَرُ
1x لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ
7. Hal-hal Yang Dianjurkan bagi Muadzin
1. Adzan dalam
keadaan suci
2. Adzan dalam keadaan berdiri
Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salamdalam hadits yang
2. Adzan dalam keadaan berdiri
Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salamdalam hadits yang
diriwayatkan oleh Ibnu Umar : “berdiri
wahai bilal! Serulah manusia untuk
melakukukan solat!”
3. Adzan menghadap kiblat
4. Memasukkan jari ke dalam telinga
Ini adalah perbuatan yang biasa dilakukan oleh sahabat Bilal ketika adzan.
5. Menyambung tiap dua-dua takbir
Maksudnya adalah menyambungkan kalimat Allahu akbar-allahu akbar, tidak
3. Adzan menghadap kiblat
4. Memasukkan jari ke dalam telinga
Ini adalah perbuatan yang biasa dilakukan oleh sahabat Bilal ketika adzan.
5. Menyambung tiap dua-dua takbir
Maksudnya adalah menyambungkan kalimat Allahu akbar-allahu akbar, tidak
dijeda antara keduanya.
6. Menolehkan
kepala ke kanan ketika mengucapakan “hayya ‘alas shalah”dan
menolehkan kepala ke kiri ketika
mengucapakan “hayya ‘alal falah”.
7. Menambahkan
“ash shalatu khairum minannaum” pada azan subuh.
8. keutamaan adzan ?
1. Membuat setan ketakutan
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ أَدْبَرَ الشَّيْطَانُ وَلَهُ ضُرَاطٌ
حَتَّى لَا يَسْمَعَ التَّأْذِينَ فَإِذَا قَضَى النِّدَاءَ أَقْبَلَ حَتَّى إِذَا
ثُوِّبَ بِالصَّلَاةِ أَدْبَرَ حَتَّى إِذَا قَضَى التَّثْوِيبَ أَقْبَلَ حَتَّى يَخْطِرَ
بَيْنَ الْمَرْءِ وَنَفْسِهِ يَقُولُ اذْكُرْ كَذَا اذْكُرْ كَذَا لِمَا لَمْ
يَكُنْ يَذْكُرُ حَتَّى يَظَلَّ الرَّجُلُ لَا يَدْرِي كَمْ صَلَّى
Artinya: Dari
Abu Hurairah, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
"Jika panggilan shalat (adzan) dikumandangkan maka setan akan lari sambil
mengeluarkan kentut hingga ia tidak mendengar suara adzan. Apabila panggilan
adzan telah selesai maka setan akan kembali. Dan bila iqamat dikumandangkan
setan kembali berlari dan jika iqamat telah selesai dikumandangkan dia kembali
lagi, lalu menyelinap masuk kepada hati seseorang seraya berkata, 'Ingatlah ini
dan itu'. Dan terus saja dia melakukan godaan ini hingga seseorang tidak
menyadari berapa rakaat yang sudah dia laksanakan dalam shalatnya." (HR.
Bukhari no. 608 dan Muslim no. 1267)
Dalam keterangan
lain:
Suara
paling ditakuti setan adalah adzan, mereka akan lari terbirit-birit untuk menjauhinya
Ibnu Bathol berkata: hadits yang menerangkan tentang larinya setan dari kumandang adzan merupakan peringatan agar kita tidak keluar dari masjid setelah muadzin mengumandangkan adzan agar tidak terjadi tasyabuh (kesamaan) dengan setan yang senantiasa lari di saat mendengar adzan.
Ibnu Bathol berkata: hadits yang menerangkan tentang larinya setan dari kumandang adzan merupakan peringatan agar kita tidak keluar dari masjid setelah muadzin mengumandangkan adzan agar tidak terjadi tasyabuh (kesamaan) dengan setan yang senantiasa lari di saat mendengar adzan.
Kenapa
setan melarikan diri ketika mendengar kumandang adzan ???
a.
Mereka tidak ingin dijadikan saksi pada hari kiamat atas setiap kumandang adzan yang mereka dengar
b.
Ketakutan setan terhadap lafadz adzan
Sehingga
bila kita menemukan penampakan setan maka di anjurkan untuk mengumandangkan
adzan sebagaimana sabda nabi shollallohu alaihi wasallam:
وَإِذَا تَغَوَّلَتْ لَكُمْ الْغِيلَانُ فَنَادُوا
بِالْأَذَانِ
Apabila
hantu beraksi manakut-nakuti kamu, maka serukanlah adzan [HR Ahmad]
Sebegitu takutnya hingga dalam riwayat disebutkan ada setan yang melarikan diri dari Madinah sampai akhirnya mendapatkan tempat yang tidak terdengar adzan yaitu di Rouha’ yang jaraknya dari Madinah mencapai 36 mil
Sebegitu takutnya hingga dalam riwayat disebutkan ada setan yang melarikan diri dari Madinah sampai akhirnya mendapatkan tempat yang tidak terdengar adzan yaitu di Rouha’ yang jaraknya dari Madinah mencapai 36 mil
Demikian
takutnya hingga disebutkan dalam sebuah riwayat mereka lari sampai ke Rauha
karena di sana tidak terdengar adzan padahal tempat itu berjarak 36 mil dari
kota Madinah
2.
Mendapat kesaksian dari seluruh makhluq pada hari kiamat
عَنْ
عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِي
صَعْصَعَةَ الْأَنْصَارِيِّ ثُمَّ الْمَازِنِيِّ عَنْ أَبِيهِ أَنَّهُ أَخْبَرَهُ
أَنَّ أَبَا سَعِيدٍ الْخُدْرِيَّ قَالَ لَهُ إِنِّي أَرَاكَ تُحِبُّ الْغَنَمَ
وَالْبَادِيَةَ فَإِذَا كُنْتَ فِي غَنَمِكَ أَوْ بَادِيَتِكَ فَأَذَّنْتَ
بِالصَّلَاةِ فَارْفَعْ صَوْتَكَ بِالنِّدَاءِ فَإِنَّهُ لَا يَسْمَعُ مَدَى
صَوْتِ الْمُؤَذِّنِ جِنٌّ وَلَا إِنْسٌ وَلَاشَيْءٌ إِلَّا شَهِدَ لَهُ يَوْمَ
الْقِيَامَةِ قَالَ أَبُو سَعِيدٍ سَمِعْتُهُ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
Dari
Abdurrahman bin Abdullah bin 'Abdurrahman bin Abu Sha'sha'ah Al Anshari Al
Mazini dari Bapaknya bahwa ia mengabarkan kepadanya, bahwa Abu Sa'id Al Khudri
berkata kepadanya, "Aku lihat kamu suka kambing dan lembah
(pengenmbalaan). Jika kamu sedang mengembala kambingmu atau berada di lembah,
lalu kamu mengumandangkan adzan shalat, maka keraskanlah suaramu. Karena tidak
ada yang mendengar suara mu'adzin, baik manusia, jin atau apapun dia, kecuali
akan menjadi saksi pada hari kiamat." Abu Sa'id berkata, "Aku
mendengarnya dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam." (HR. Bukhari no. 609)
3. Memiliki leher panjang pada hari kiamat
عَنْ مُعَاوِيَةَ رضى الله عنه
سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ
الْمُؤَذِّنُونَ أَطْوَلُ النَّاسِ أَعْنَاقًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ
Dari
Mu'awiyah berkata, 'Saya mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam
bersabda, 'Para mu'adzdzin adalah orang yang paling panjang lehernya (ungkapan
bahwa mereka mulia di akhirat pent) pada hari kiamat' (HR. Muslim no. 850)
4. Mendapat doa khusus dari rosululloh shollallohu alaihi
wasallam
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْإِمَامُ ضَامِنٌ
وَالْمُؤَذِّنُ مُؤْتَمَنٌ اللَّهُمَّ أَرْشِدْ الْأَئِمَّةَ وَاغْفِرْ
لِلْمُؤَذِّنِينَ
Dari Abu
Hurairah dia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
"Imam itu menjamin (bertanggung jawab terhadap shalat makmumnya),
sedangkan muadzin orang yang dipercaya. Ya Allah, berilah petunjuk kepada para
imam dan ampunilah para muadzin (HR. Abu Dawud no. 517 dan At-Tirmidzi no. 207,
dishahihkan Syaikh Al-Albani dalam Al-Irwa’ no. 217)
Wallahu a'lam
bisshowab....
5. besar pahalanya disi Allah
Dari Abu
Hurairah radhiallahu ‘anhu juga, ia mengabarkan sabda Rasulullah shallallahu
‘alaihi wa sallam,
لَوْ يَعْلَمُ النَّاسُ مَا فِي
النِّدَاءِ وَالصَّفِّ الْأَوَّلِ ثُمَّ لَمْ يَجِدُوا إِلَّا أَنْ يَسْتَهِمُوْا
عَلَيْهِ لاَسْتَهَمُوْا
”Seandainya orang-orang mengetahui
besarnya pahala yang didapatkan dalam adzan dan shaf pertama kemudian mereka
tidak dapat memperolehnya kecuali dengan undian niscaya mereka rela berundi
untuk mendapatkannya…” (HR. Bukhari no. 615 dan Muslim no. 980)
6. akan
dimintakan ampun oleh siapa dan apa saja yang mendengar azannya
Ibnu ’Umar radhiallahu
‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
يُغْفَرُ لِلْمْؤَذِّنِ مُنْتَهَى أَذَانِهِ وَيَسْتَغْفِرُ لَهُ كُلُّ
رَطْبٍ وَيَابِسٍ سَمِعَهُ
”Diampuni bagi muadzin pada akhir
adzannya. Dan setiap yang basah atau pun yang kering yang mendengar adzannya
akan memintakan ampun untuknya.” (HR. Ahmad 2: 136. Syaikh Ahmad Syakir berkata bahwa sanad
hadits ini shahih)
Aisyah radhiallahu
‘anha berkata, “Aku pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa
sallam bersabda,
الْإِمَامُ ضَامِنٌ وَالْمُؤَذِّنُ
مُؤْتَمَنٌ، فَأَرْشَدَ اللهُ الْأَئِمّةَ وَعَفَا عَنِ المْؤَذِّنِيْنَ
“Imam adalah penjamin sedangkan muadzin
adalah orang yang diamanahi. Semoga Allah memberikan kelurusan kepada para imam
dan memaafkan paramuadzin.” (HR. Ibnu Hibban dalam Shahih-nya no.1669, dan hadits ini
dishahihkan oleh Syaikh Al Albani rahimahullah dalam Shahih At-Targhib
wat Tarhib no. 239) (lihat Shahih Fiqih Sunnah, Bab Adzan)
9. Apakah yang
Melaksanakan Iqamah Harus Orang yang Mengumandangkan Adzan?
Sebagian besar ulama’ mengatakan hukumnya adalah hanya anjuran dan tidak wajib, sebagaimana kebiasaan Sahabat Bilal, beliau yang adzan beliau pula yang iqamah. Dan boleh hukumnya jika yang adzan dan iqamah berbeda.
Sebagian besar ulama’ mengatakan hukumnya adalah hanya anjuran dan tidak wajib, sebagaimana kebiasaan Sahabat Bilal, beliau yang adzan beliau pula yang iqamah. Dan boleh hukumnya jika yang adzan dan iqamah berbeda.
10. hukum
menjawab azan
و حدثني عن
مالك عن ابن شهاب عن عطاء بن يزيد الليثي عن أبي سعيد الخدري أن
رسول الله صلى الله عليه وسلم قال إذا سمعتم النداء فقولوا مثل ما يقول
المؤذن
Dari Abu Sa'id
al-Khudry radhiyallahu anhu, sabda Rasulullah shollallahu alaihi wasallam: Jika
kalian mendengar seruan (adzan), ucapkanlah seperti yang dilaungkan oleh
muadzzin."[Muttafaq ' alaih, Muslim, 383]
didalam riwayat
lain dikatakan:
عن عمر بن الخطاب قال : قال رسول الله صلى الله
عليه وسلم: إذا قال المؤذن الله أكبر الله
أكبر فقال أحدكم الله أكبر الله أكبر ثم قال أشهد أن لا اله الا الله قال أشهد ألا
إله إلا الله ثم قال أشهد أن محمداً رسول الله قال أشهد أن محمداً رسول الله ثم
قال حي على الصلاة قال لا حول ولا قوة إلا بالله ثم قال حي على الفلاح قال لا حول
ولا قوة إلا بالله ثم قال الله أكبر الله أكبر قال الله أكبر الله أكبر ثم قال لا
إله إلا الله قال لا إله إلا الله من قلبه دخل الجنة)
رواه
مسلم(
Tidak ada komentar:
Posting Komentar