Hakikat Hijrah Yaitu Hijrah Dari Maksiat Pada Allah Kepada Menta'atiNya...Ingatlah, Bahwa Maksiat Yang Paling Besar Adalah Syirik, Dan Keta'atan Yang Paling Agung adalah Bertauhid Pada Allah 'Azza Wajalla...Maka Oleh Karena Itu Bertauhidlah Kepada Allah Semata Dan Jauhilah Segala Bentuk Kesyirikan DAURAH QUBRA SEPUTAR 143 Permasalahan Puasa Dan I'tikaf Kontak Person: 085237021944

Jadwal Shalat

Radio Jihad On Line Perhatikan Waktu Shalatmu Saudaraku...Jika Waktu Shalat Tiba, Cari masjid Yang Terdekat Dengan Anda..Tunaikan Segera dan Jangan Di Tunda-tunda!!!

Jumat, 31 Mei 2013

Bulletin Al-mustaqim Edisi 017


PENTINGNYA MENGHAFAL MUTUN

Menghafal adalah mengukir kembali sesuatu sesuai dengan lafadz aslinya didalam otak atau memori yang kita miliki tanpa ditambah atau dikurangi sedikitpun.
menghafal adalah sangat penting bagi tholubul ilmi. Dengan menghafal ia bisa menjadi seorang yang unggul dari yang lainya. Dengan menghafal ia bisa tau secara persis perkataan atau ungkapan seseorang tanpa ia mengurangi atau menambah sedikitpun dari perkataan atau ungkapan itu.

Sebagai tholibul ilmi syar’I, adalah satu keniscayaan baginya untuk menghafal matan-matan yang berkaitan dengan ilmu syar’I itu, seperti mutun aqidah, fiqih, usul fikih, kaedah usuliyah dan fiqhiyah, hadits, ilmu hadits, kaedah bahasa arab, mawaris dan ilmu-ilmu syar’I lainya, yang dimana semua itu di awali dengan menghafal al-qur’an terlebih dahulu.
Apalah ma’na sebuah perantauan yang sangat jauh kalau bukan untuk faqih dalam ilmu-ilmu yang kami sebutkan di atas. Maka hendaknya kita sebagai tholibul ilmi syar’I bertampil beda dengan seseorang yang hanya tujuannya untuk meraih ijazah atau titel belaka.
Tholibul ilmi syar’I sejak awal memang harus sadar akan posisi, kewajiban dan tanggung jawabnya diperantauan ini.
posisinya adalah pencari ilmu bukan penggerak massal terhadap gerakan apapun.
Kewajibanya adalah mencari, menggali dan mendalami ilmu syar’I dengan cara duduk dan mendengar langsung dari para ulama, juga dengan cara membaca dan menelaah serta menghafal sendiri sebagai bentuk muraja’ah dan memutqinkan ilmu yang telah didapat dari para ulama. Tidak sebalvziknya, menyibukkan diri dengan hal-hal yang telah jelas melalaikanya  dari kewajiban utama sebagai tholibul ilmu.
Tanggung jawabnya adalah menggunakan waktu yang sangat terbatas ini dengan sedemikin rupa untuk mendalami ilmu syar’I bukan mengembangkan atau menggerakkan pergerakan apapun, yang itu akan jelas melalaikan dirinya dari tanggung jawab utamanya didunia perantauan ini.
Setelah kita mengetahui akan pososi, kewajiban dan tanggung jawab sebagai tholibul ilmi syar’I, maka satu keharusan bagi kita untuk mengatur diri dan waktu yang kita miliki. Dengan cara menyusun sedemikian rupa kegiatan yang akan kita jalani kedepanya. Berapa lama waktu yang kita butuhkan untuk menghafal al-qur’an dan berapa waktu yang kita butuhkan untuk menghafal mutun-mutun itu. Berapa juz yang harus kita hafal dalam sebulan ini dan berapa matan yang harus kita tela’ah dan hafal dalam jangka pendek ini. atau apa yang sudah harus kita raih satu tahun kedepanya. Dan seberapa kemampuan kita dalam beristidlal didalam beberapa waktu kedepan.
Semua itu kita susun dan skenario sedimikian rupa agar kedepannya kita jalani dengan penuh teratur. Kapada allah kita mohon taufiq dan hidayah dan kepadanya tempat kita tawakkal, tapi usaha dan ibadah yang kuat yang harus kita tempuh.
Dibawah ini kami akan menggambarkan seperti yang digambarkan para ulama kita, mutun-mutun yang seharusnya tholibul ilmi sya’I menghafalnya agar mereka menjadi mutqin dalam hal ini. Ingatlah bahwa setiap yang menghafal adalah imam (فإن كل حافظ إمام)
1.  Al-qur’an
2.  Aqidah
· Usul Stalatsah
· Qowa’id Arba’ah
· Kitab Tauhid
· Aqidah Thohawiyah
· Aqidah Wasathiyah
· Kasyfu As-Syubhat
3. Hadits
· Arba’in Nawawy
· Umdatul Ahkam
· Buluqul Marom
4. Ilmu Hadits
· Baiquniyah
· Nukhbatul Fikr Li Ibni Hajar
5. Usul Fiqih Dan Kaedah Usuliyah
· Al-Waraqat
· Qawa’idul Fiqhiyah Li Ibni Sa’ad
6. Bahasa Arab
· Jurumiyah
7. Mawaris (Ar-Arahbiyah)
8. Doa dan dzikir
· Shohiuhul Adzkar
· Husnul Muslim
Inilah matan-matan yang perlu dihafal oleh tholibul ilmi syar’I sebagai dasar bagi mereka dalam memperluas ilmunya. tentunya semua itu harus di imbangi dengan memahami dan mempelajari syarah-syarahnya dari para ulama.


أسأل الله أن يوافقنا وأن يرزقنا بركة العلم والإخلاص في القول والعمل
 وصلى الله وسلم وبارك على نبينا محمد وعلى آله وصحبه.


Related Post



Tidak ada komentar: